Here we are!

Here we are!

Jumat, 08 November 2013

Perpustakaan (Gita Reza Nadhani/Mia-2.1/16)

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan adalah suatu tempat atau ruanganyang digunakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku. Dalam perpustakaan terdapat unsure-unsur pembentuknya, yaitu buku, rak buku, petugas perpustakaan atau biasa disebut pustakawan/pustakawati, serta ruang baca.
Buku merupakan unsur paling penting pembentuk perpustakaan. Buku berisi tentang berbagai macam ilmu. Selain itu, ada rak buku, yaitu tempat yang digunakan untuk meletakkan buku. Sedangkan pustakawan/pustakawati adalah seseorang yang bekerja di perpustakaan dan membantu orang menemukan buku, majalah, dan informasi lain. Beberapa perpustakaan ada yang member fasilitas berupa hotspot area, kipas angin/AC, dan komputer.
Pengelompokan buku di perpustakaan di dasarkan pada Dewey Decimal Clasification (DDC) diantaranya : 000 adalah karya umum, 100 adalah filsafat, 200 adalah agama, 300 adalah ilmu-ilmu sosial, 400 adalah ilmu-ilmu bahasa, 500 adalah ilmu-ilmu pasti, 600 adalah pengetahuan praktis, 700 adalah kesenian dan olahraga, 800 adalah kesusasteraan, dan 900 adalah biografi dan geografi.


Karya umum contohnya ensiklopedia, buku pintar, essay, algoritma, tafsir, TIK, karya tulis, ilmu komputer dan pemrogaman. Filsafat contohnya buku tentang psikologi, intelligent, bimbingan konseling, serta buku tentang IQ dan EQ. Ilmu-ilmu agama contohnya buku tafsir dan Al-qur’an dan terjemahnya ILmu-ilmu sosisal contohnya buku tentang KUHP, sosiologi, antropologi, ekonomi, dan telekomunikasi. Ilmu bahasa contohnya kamus bahasa Indonesia, kamus bahasa Inggris, kamus bahasa Jepang, kamus bahasa Korea, kamus bahasa Mandarin, kamus bahasa Jerman, kamus bahasa Jawa, dan kamus bahasa Belanda. Ilmu pasti contohnya buku tentang ilmu kimia, ilmu fisika, matematika, biologi dan genetika. Pengetahuan praktis contohnya ilmu teknologi dan informasi, ilmu akuntansi, pembudidayaan, surat menyurat, dan ilmu marketing. Dalam kesenian dan olahraga contohnya buku tentang atletik, pendidikan jasmani, seni rupa, seni tari, dan seni musik. Kesusasteraan contohnya adalah ceroen, novel, puisi, karya sastra, cergam dan pantun. Dan yang terakhir biografi dan geografi contoh bukunya adalah tentang sejarah, geografi, geologi dan biografi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar