Here we are!

Here we are!

Sabtu, 30 November 2013

Perpustakaan ( Dyah Puspita Arum / MIA 2.1 - 11 )

Perpustakaan

            Perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku. Koleksi-koleksi buku di perpustakaan disimpan untuk dibaca, dipelajari dan didiskusikan.
             Unsur utama dalam perpustakaan adalah buku. Buku yang disediakan di perpustakaan harus bervariasi dan selalu diperbarui koleksi-koleksinya. Supaya buku tersimpan rapi, buku harus ditata dan dirapikan di rak buku. Dalam meletakan buku pun harus diperhatikan dengan baik-baik. Buku harus diletakan berdasarkan klasifikasinya.
       Selain itu, perpustakaan juga dilengkapi unsur penting lainnya, yaitu pembaca dan pustakawan. Pustakawan bertugas untuk membantu pembaca jika mengalami kesulitan dalam pencarian buku. Unsur pelengkap perpustakaan adalah meja dan kursi untuk membaca. Unsur tambahan biasanya tidak terlalu penting, tetapi sering ada di perpustakaan yang cukup ideal. Unsur tambahan tersebut berupa fasilitas-fasilitas tertentu, seperti kipas angin, AC dan lain-lain.
          Buku-buku di perpustakaan dapat diklasifikasikan menurut jenisnya atau disebut juga klasifikasi Dewey Desimal. Klasifikasi pertama adalah karya umum yang bernomor 000. Dalam karya umum berisi buku tentang pengetahuan umum, seperti encyclopedia, buku pintar, TIK, karya tulis, algoritma dan pengetahuan esay. Klasifikasi berikutnya adalah Filsafat yang bernomor 100. Dalam klasifikasi ini jenis-jenis bukunya yaitu psikologi, inteligent, BK dan IQ. Selanjutnya adalah Agama yang bernomor 200. Dalam klasifikasi ini berisi buku-buku yang mendalami pelajaran agama, seperti tafsir dan terjemahan al-qur’an. Berikutnya ada ilmu-ilmu sosial di klasifikasi nomor 300 yang berisi ilmu sosiologi, ekonomi, antropologi, kutipan dan telekomunikasi. Di klasifikasi nomor 400 ada ilmu-ilmu bahasa yang berisi Kamus Tionghoa, Inggris, Jepang, Jawa, Belanda dan Kamus Jerman. Berikutnya di klasifikasi nomor 500 ada ilmu-ilmu pasti berupa Ilmu Kimia, Fisika, Matematika, Sains dan Genetika. Kemudian di klasifikasi nomor 600 terdapat buku-buku pengetahuan pasti. Di klasifikasi nomor 700 terdapat Kesenian dan Olahraga. Dan di klasifikasi terakhir terdapat Kesusteraan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar