Here we are!

Here we are!

Senin, 30 September 2013

Perpustakaan (Isna Aulia Lahidzul Ilmi / MIA 2.1 - 19)

Perpustakaan



     Perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dibicarakan .
     Di dalam perpustakaan terdapat beberapa unsur , yang pertama yaitu buku. Buku merupakan unsur paling penting dalam perpustakaan karena tanpa adanya buku suatu perpustakaan tidak akan berjalan seperti perpustakaan lainnya. Yang keduan yaitu penjaga perpustakaan. penjaga perpustakaan juga sangat penting dalam perpustakaan , penjaga perpustakaan akan mengatur jadwal peminjaman buku, mengatur buku, dan sebagainya. Unsur yang ketiga yaitu rak buku , digunakan untuk tempat buku , tanpa rak buku maka buku-buku yang ada akan tergeletak di sembarang tempat dan tidak teratur. Unsur yang juga sangat penting adalah pembaca, jika tidak ada pembaca maka tidak dapat dikatakan perpustakaan. Unsur lainnya adalah meja dan kursi , berguna untuk tempat membaca para pembaca.
     Buku-buku di perpustakaan dapat diklasifikasikan menjadi 10 , yaitu 000 berisi karya umum , 100 berisi filsafat , 200 berisi agama , 300 berisi ilmu-ilmu sosial , 400 berisi ilmu-ilmu bahasa , 500 berisi ilmu-ilmu pasti , 600 berisi pengetahuan dan praktis , 700 berisi kesenian dan olahraga , 800 berisi kesusasteraan , dan 900 berisi biografi dan geografi. Pengklasifikasian tersebut disebut Dewey Decimal Clacification (DDC)
     Berdasarkan Dewey Decimal Clacification , buku dapat dibagi menjadi beberapa jenis , yaitu 000 karya umum meliputi ensiklopedia dan kamus . Selanjutnya kelompok 100 filsafat dapat ditemukan buku psikologi dan etika . Di kelompok 200 agama terdapat buku hukum-hkum agama (fikih) dan buku pendidikan agama . Buku sejarah , sosiologi, ekonomi, dan antropologi dapat ditemukan di kelompok 300 ilmu-ilmu sosial . Pembaca juga dapat menemukan buku-buku ilmu bahasa jepang, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris di kelompok 400 ilmu-ilmu bahasa.
     Selain itu , di kelompok 500 ilmu-ilmu pasti terdapat buku-buku tentang fisika , kimia , matematika , kumpulan soal , dan biologi . Ada juga buku akuntansi, ssurat, ilmu komputer, dan budidaya tanaman di kelompok 600 pengetahuan dan praktis. Kelompok 700 kesenian dan olahraga memuat buku kesehatan , atletik, seni rupa, dan seni musik. Novel, cerpen, dan puisi merupakan jenis buku kelompok 800 kesusasteraan. Yang terakhir kelompok 900 biografi dan geografi memuat buku tentang ilmu-ilmu sejarah, ilmu-ilmu geigrafi, dan biografi tokoh.


Isna Aulia Lahidzul Ilmi 
MIA 2.1 / 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar