Here we are!

Here we are!

Rabu, 02 Oktober 2013

Perpustakaan (Salsabila Farah Dewanti / MIA 2.1 - 25)



            Perpustakaan adalah tempat, gedung, atau ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dibicarakan.
            Perpustakaan mempunyai unsur-unsur yang menunjang kegunaan dan aktivitas di dalamnya. Unsur-unsur tersebut sangat penting karena tanpa unsur-unsur tersebut, perpustakaan tidak dapat menjalankan fungsinya. Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah rak, buku, ruang baca, pembaca, pustakawan, meja dan kursi, penerangan (lampu), dan petugas perpustakaan.
            Buku-buku di perpustakaan disusun dengan rapi dan sistematis menggunakan sistem klasifikasi. Klasifikasi yang diterapkan di perpustakaan adalah sistem Dawey Decimal Classification (DDC). Berdasarkan sistem tersebut, kode 000 menunjukkan klasifikasi pada karya umum, kode 100 pada buku-buku filsafat, 200 pada buku-buku yang berisi tentang agama, 300 pada buku ilmu-ilmu sosial, 400 pada buku ilmu-ilmu bahasa, 500 pada buku ilmu-ilmu pasti, kode 600 menunjukkan klasifikasi pada pengetahuan praktis, 700 pada buku kesenian dan olahraga, 800 pada kasusastran, dan kode 900 menunjukkan klasifikasi pada buku geografi serta biografi.
            Kode-kode sistem DDC biasanya digunakan untuk menandai atau menomori rak-rak buku di perpustakaan. Rak bernomor 000 berisi buku-buku yang memuat tentang teknologi dan komputer, seperti Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Powerpoint. Ensiklopedia dan kamus juga diletakkan di dalamnya. Rak bernomor 100 berisi buku-buku tentang kehidupan dan pemikiran manusia (filsafat), diantaranya filsafat hukum, filsafat manusia, dan buku-buku psikologi.
            Apabila ingin mencari buku-buku yang berisi tentang pendidikan, pengajaran, serta hukum agama, kita bisa menemukannya di rak bernomor 200, yang berisi buku-buku tentang agama, baik Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, maupun lainnya. Di rak bernomor 300, kita dapat menemukan buku-buku antografi, sejarah, akuntansi, ekonomi manajemen, dan buku-buku lainnya yang berkaitan dengan ilmu sosial. Buku yang berisi tentang tata cara penulisan, pengucapan, dan aturan-aturan bahasa seperti bahasa Indonesia, Jepang, Korea, Jerman, dan bahasa asing lainnya bisa kita temukan di rak bernomor 400.
            Sementara itu, buku-buku pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, biologi, sains, dan kumpulan soal-soal bisa kita cari di rak bernomor 500. Di rak bernomor 600, terdapat buku-buku tentang teknik umum, seperti memasak, reparasi barang, dan ukiran, serta buku-buku tentang budidaya tanaman dan sejenisnya. Buku-buku kesehatan dan kesenian seperti seni musik dan seni rupa, serta berbagai macam olahraga disusun rapi di dalam rak bernomor 700. Novel, kumpulan cerita pendek, puisi dan karya sastra lainnya ada di rak bernomor 800. Dan yang terkahir, pada rak bernomor 900, kita akan menemukan berbagai macam buku biografi tokoh-tokoh penting dan terkenal serta buku-buku geografi tersusun rapi di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar