Here we are!

Here we are!

Selasa, 03 Juni 2014

TEKS NEGOSIASI ANTARA PEDAGANG PASAR DENGAN PENGELOLA PASAR

Alfi Nurrachma G.  (02)
Garnisa Prima N. D (15) 

          Pada suatu hari para pedagang Pasar Minggu melakukan aksi demonstrasi di depan kantor pengelola pasar. Akhirnya pemimpin pengelola pasar menerima wakil para pedagang untuk berdialog.
Wakil Pedagang            : Selamat pagi, Pak.
Wakil Pengelola Pasar : Selamat pagi. Mari silakan duduk.
Wakil Pedagang            : Terima kasih, Pak.
Wakil Pengelola Pasar : Maaf, Bapak siapa ya?
Wakil Pedagang             : Saya Yono, salah satu pedagang di Pasar                                                   Minggu.
Wakil Pengelola Pasar : Ada keperluan apa Bapak kemari?
Wakil Pedagang             : Begini, saya selaku perwakilan dari                                                           pedagang di Pasar Minggu ingin 
                                        menyampaikan keberatan tentang naiknya 
                                        harga sewa.
Wakil Pengelola Pasar : Harga itu merupakan harga kesepakatan 
                                         dari kami para pengurus pasar.
Wakil Pedagang             : Tapi, Pak, harga itu terlalu tinggi. Pendapatan 
                                          kami tidak tentu. Belum lagi kami harus 
                                          membayar jasa angkut barang dagangan kami.
Wakil Pengelola Pasar : Tapi kami dari pihak pengurus hanya                                                           mengikuti juga ketetapan dari pusat dan 
                                         daerah.
Wakil Pedagang            : Tapi Pak, itu terlalu tinggi untuk kami                                                       yang masih  harus memenuhi kebutuhan 
                                         sehari-hari.
Wakil Pengelola Pasar : Dengan harga Rp 350.000,00 itu sudah 
                                        termasuk standar dari pusat dan daerah.
Wakil Pedagang             : Tapi Pak, dari Rp 200.000,00 mengapa 
                                        kenaikan harga hampir memasuki 70%.
                                        Bagaimana jika diturunkan lagi Pak?
Wakil Pengelola Pasar : Hm.. Rp 300.000,00. Saya pikir itu cukup?
Wakil Pedagang             : Apakah sudah tidak bisa diturunkan lagi pak?
Wakil Pengelola Pasar : Maaf, tapi itu harga yang belum pasti, karena 
                                       saya  harus membicarakan hal ini juga dengan
                                        pengelola  pasar yang lain.
Wakil Pedagang             : Saya mohon, Pak. Bagaimana jika
                                          Rp 250.000,00 saja, Pak?
Wakil Pengelola Pasar : Saya juga tidak tahu, Pak. Coba nanti saya 
                                        usahakan lagi, Pak.
Wakil Pedagang             : Baiklah, terima kasih Pak. Tapi saya mohon  
                                         sekali lagi diusahakan lagi, Pak.
Wakil Pengelola Pasar : Ya, saya usahakan. Oh ya, tolong satu lagi. 
                                       Jangan melanjutkan demonstrasi ini, karena 
                                       sangat mengganggu masyarakat.
Wakil Pedagang             : Baik, Pak. Akan saya bicarakan dengan 
                                         teman- teman. Saya permisi dulu. 
                                        Terima kasih, Pak.
Wakil Pengelola Pasar : Ya, sama-sama.

          Yono pun keluar dari Kantor Pengelola Pasar Minggu dan menyampaikan hasil negosiasi yang telah ia bicarakan dengan kepala pengelola pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar