Here we are!

Here we are!

Jumat, 04 Oktober 2013

Perpustakaan (Danar Riska Anjani / MIA 2.1 - 09)

Perpustakaan

                Perpustakaan adalah tempat yang di sediakan untuk penyimpanan koleksi berbagai macam buku.
                Pustakawan, buku, rak buku, meja dan kursi untuk pembaca, dan pembaca adalah unsur-unsur perpustakaan.Unsur-Unsur tersebut harus ada di dalam perpustakaan. Biasanya, setiap perpustakaan memberikan fasilitas yang berbeda, tujuannya untuk membuat pembaca merasa nyaman berada di dalam perpustakaan. Fasilitas tersebut seperti kipas angin atau AC, komputer, kamar mandi, dan lain-lain.
                Klasifikasi buku di perpustakaan menggunakan sistem DDC. DDC adalah Dewey Desimal Classification (KKG), di papan KKG kode 000 adalah karya umum, kode 100 adalah filsafat, kode 200 adalah agama, kode 300 adalah ilmu-ilmu sosial, kode 400 adalah ilu-ilmu bahasa, kode 500 adalah ilmu-ilmu pasti, kode 600 adalah pengetahuan praktis, kode 700 adalah kesenian dan olahraga, kode 800 adalah kesusastraan, kode 900 adalah biografi dan geografi.
                Karya Umum dapat dikelompokkan menjadi buku ensiklopedia,buku pemograman komputer, dan kamus. Kamus dapat dibagi lagi, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus bahasa Inggris, Kamus bahasa Jepang, Kamus bahasa Jerman, dan lain-lain. Filsafat dapat dikelompokkan menjadi buku psikologi, buku psikotes, dan buku etika. Agama dikelompokkan menjadi buku tentang hukum agama, dan pendidikan agama. Ilmu-ilmu sosial dibagi menjadi sejarah, antropologi, manajemen,dan sosiologi.Ilmu-ilmu bahasa dikelompokkan menjadi ilmu bahasa Jepang, ilmu bahasa Indonesia, ilmu bahasa Inggris, dan lain-lain.Ilmu-ilmu pasti dikelompokkan menjadi fisika, kimia, matematika, biologi, sains, dan kumpulan-kumpulan soal. Kesenian dan olahraga dikelompokkan menjadi seni rupa, seni musik, buku kesehatan, dan lain-lain. Kesusastraan dikelompokkan menjadi cerpen, novel, dan puisi. Biografi dan geografi dikelompokkan menjadi biografi tokoh, ilmu-ilmu sejarah, dan buku geografi.


Danar Riska Anjani
MIA-2.1 / 09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar