Here we are!

Here we are!

Minggu, 27 Oktober 2013

Perpustakaan (Naldha Vellen A. / MIA 2.1 - 22)

Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan kolksi buku, majalah, dan bahan perpustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan,
Selain itu, perpustakaan harus mempunyai unsur-unsur yang harus ada. Karena jika tidak ada unsur-unsur tersebut kemungkinan besar aktivitas perpustakaan tersebut tidak akan berjalan dan maju seperti perpustakaan pada umumnya. Unsur-unsur tersebut adalah: buku, rak, meja kursi baca, penjaga meja daftar hadir peminjaman, dan pustakawan. Selain itu, di perpustakaan juga terdapat unsur-unsur sekunder contohnya kipas angin, AC, kamar mandi, komputer, dll.
Di dalam perpustakaan agar pembaca buku tidak bingung lagi dalam mencari dan meminjam buku, maka buku diklasifikasikan dengan sistem DDC atau Dawey Decimal Classificatuon. Pengklasifikasianna tersebut adalah: 000 untuk karya umum, 100 merupakan kelompok buku filsafat, nomor 200-299 unsur buku agama, 300 adalah buku ilmu-ilmu bahasa, 500 merupakan ilmu-ilmu pasti, 600-699 kelompok buku pengetahuan, 700 buku kesenian dan olahraga, nomor 800 buku kesusastraan dan urutan terakhir adalah buku Biografi dan Geografi.

Menurut klasifikasinya, kita bisa mencari buku tentang pemograman komputer seperti: Ms. Word, Ms. Excell, Ms. Power Point, dsb, buku karya tulis, pengetahuan HAM, kebudayaan, penelitiam, dan pengetahuan tentang kesehatan pada rak bernomor 000-099. Kemudian, rak yang bernomor 100-199 terdapat buku tentang percintaan, cerpen, psikologi, pendidikan, latihan soal, novel. Jika ingin mencari buku tentang agama dimuat pada rak yang nomornya 200-299 dan isinya adalah pengetahuan hukum agama, tentang cara beragama, dll. Pada nomor 300-399 terdapat buku ilmu-ilmu sosial yaitu sejarah, antropologis, menegemen, dan sosiologi. Yang dimuat dalam rak bernomor 400-499 adalah buku tentang ilmu bahasa, diantaranya: bahasa Jepang, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jerman. Dan pada rak nomor 500-599 adalah buku tentang ilmu pasti, yang dimuat adalah buku fisika, kimia, matematika, biologi, SAINS, dan kumpulan soal. Dan susunan bukunya masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar