Here we are!

Here we are!

Kamis, 17 Oktober 2013

Perpustakaan (M. Rizaldi U. / MIA 2.1 - 21)



Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang, yang digunakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku berupa majalah, atau bahan perpustakaan yang lain disimpan untuk dibaca, dipeajari, dan dibicarakan.

Setiap Perpustakaan di seluruh dunia pasti memiliki unsur-unsur di dalamnya. Unsur-unsur tersbur bukan hanya untuk hiasan atau pelengkap saja. Namun unsur-unsur tersebut dapat menunjang kegiatan yang ada di Pepustakaan. Beberapa unsure diantaranya seperti buku, rak buku, meja administrasi, meja pembaca, pembaca, penjaga perpustakaaan, pustakawan, kursi dan ruang baca.

Selain memiliki unsur-unsur penyusun, Perpustakaan juga memliki klasifikasi. Klasifikasi sendiri merupakan metode ntuk menyusun data secara sistematis menurt beberapa aturan dan pembagiannya sesuatu menurut kelas-kelas. Di Perpustakaan klasifikasi digunakan dalam penataan buku. Klasifikasi tersebut menggunakan sstem Dawey Desimal Classification (DDC). Pada rak buku bernomor 000 merupakan tempat untuk buku-buku karya umum, 100 untuk buku-buku filsafat, 200 untuk buku-buku agama, 300 untuk ilmu-ilmu sosial, 400 untuk ilmu-ilmu bahasa, 500 untuk ilmu-ilmu pasti, 600 untuk pengetahuan pasti, 700 untuk kesenian dan olahraga, 800 untuk kesusastraan, serta 900 untuk biografi dan geografi.

Rak buku 000 berisi tentang buku kumpulan cerita pendek, dan dongeng. Pada rak buku 100 berisi tentang buku filsafat hokum, filsafat manusia, dan lain-lain. Pada rak buku nomor 200 berisi tentang buku-buku keagamaan mulai dari Islam, Buddha, Kristen,  Khatolik, sampai Hindu. Buku-buku tersebut membahas tentang pendidikan, pengajaran, dan hukum-hukumnya. Di rak nomor 300 kita bisa menemukan buku-buku akuntansi, ekonomi, management, antrografi, sosiologi, dan lain sebagainya. Pada rak 400 kita bisa menemukan buku-buku kebahasaan, tata cara bahasa, sampai kumpulan soal kebahsaan.

Jika Anda ingin mecari buku referensi pelajaran, Anda dapat berpindak ke rak nomor 500. Di sana Anda akan mendapaiti buku Kimia, Matematika, Biologi, maupun Fisika. Berbeda dengan rak nomor 500 yang berisi buku referansi pelajan, rak nomor 600 berisikan buku kumpulan surat, teknologi informasi dan komunikasi, dan lain-lain. Di Perpustakaan ada pula buku tentang kesenian, kesehatan jasmani, atau tips-tips sehat, Anda dapat berpindah menuju rak nomor 700. Tak jauh dari rak 700, dapt kita temukan rak 800 yang berisi buku cergam, teori sastra, novel, buku kumpulan puisi dan sejenisnya. Di rak terakhir nomor 900, Anda dapat menemukan biografi tokoh-tokoh dan buku tentang keadaan geografis di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar