Here we are!

Here we are!

Sabtu, 05 Oktober 2013

Perpustakaan (Tri Oktaviani / MIA 2.1 - 29)

Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang disediakan untuk penyimpanan koleksi buku- buku untuk dibaca dan dipelajari.
Unsur- unsur yang terdapat dalam perpustakaan pada umumnya adalah buku, rak, meja dan kursi, penjaga perpustakaan, dan tentunya pembaca atau pengunjung perpustakaan. Selain itu biasanya perpustakaan memberi fasilitas- fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung, seperti AC atau kipas angin, komputer, kamar mandi, wi- fi, dll.
Buku adalah sekumpulan tulisan yang dijadikan satu yang dapat diambil ilmu yang terkandung di dalamnya. Buku dapat diklasifikasikan agar memudahkan orang yang mencari atau ingin membacanya dengan pemberian kode pada masing- masing jenis buku.
Kode tersebut contohnya kode yang ada di Perpustakaan SMAN 1 SALATIGA yang dinamakan DDC ( Decimal Dewey Classification ), yaitu 000 untuk buku jenis karya umum, 100 untuk filsafat dan psikologi, 200 membahas tentang agama, 300 untuk ilmu- ilmu sosial, 400 untuk buku yang menbahas ilmu- ilmu bahasa, 500 untu ilmu- ilmu pasti, 600 berisi pengetahuan praktis, 700 untuk buku kesenian dan olahraga, 800 untuk kesusastraan, dan di kode 900 ada berbagai macam buku biografi dan geografi.
Jenis- jenis buku juga masih dapat diklasifikasikan lagi, contohnya karya umum, buku yang termasuk dalam karya umum adalah ensiklopedia, pemograman komputer, kamus, dll. Psikologi, etika, dan psikotes termasuk dalam filsafat dan psikologi. Di kode 200 terdapat buku tentang hukum agama dan pendidikan agama. Buku sejarah, antropologi, manajemen, dan sosiologi tercantum di ilmu- ilmu sosial. Ilmu- ilmu bahasa mencakup ilmu Bahasa Jepang, Indonesia, Korea, Inggris, Jerman, dll. Ilmu- ilmu pasti mencakup fisika, kimia, matematika, dan sains. Kelompok pengetahuan praktis contohnya akuntansi, surat, ilmu komputer, dan buku budidaya. Kesehatan, atletik, seni rupa, dan seni musik termasuk dalam kelompok kesenian dan olahraga. Kesusastraan terdapat kumpulan novel, cerpen, dan puisi. Dan yang terakhir di kelompok biografi dan geografi terdapat ilmu- ilmu sejarah, geografi, dan berbagai macam biografi tokoh.

Tri Oktaviani
MIA-2.1 / 29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar