Here we are!

Here we are!

Kamis, 03 Oktober 2013

Perpustakaan (Nisa Indah Ambarani / MIA 2.1 - 23)

Perpustakaan

            Perpustakaan adalah tempat, gedung , atau ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku. Perpusakaan juga berarti tempat untuk menyimpan buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya unuk dibaca, dipelajari serta dibicarakan.
            Unsur-unsur perpustakaan dibagi menjadi dua, yaitu unsur utama atau penting dan unsur tambahan. Unsur utama  perpustakaan yaitu buku, pengguna perpustakaan, penjaga perpustakaan, rak buku, almari buku, serta meja dan kursi. Sedangkan unsur tambahan di perpustakaan adalah komputer, pendingin ruangan, lampu serta sarana lain yang berguna untuk menunjang kenyamanan pengguna perpustakaan.
            Buku, sebagai unsur utama perpustakaan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, yaitu karya umum, filsafat, agama , ilmu-ilmu sosial, ilmu-ilmu bahasa, ilmu-ilmu pasti, pengetahuan praktis, kesenian dan olahraga, kesusastraan, serta biografi dan geografi.
            Berdasarkan pengelompokan buku, jenis buku dapat diklasifikasikan menurut pengelompokannya. Kategori karya umum misalnya, Atlas, KBBI, Kamus Bahasa Indoneisa, dan lain-lain. Kelompok buku agama antara lain buku-buku tenang pendidikan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Khong Hu Cu beserta ajaran-ajarannya. Jenis buku dalam kelompok ilmu-ilmu sosial seperti ekonomi, politik, negara, ekologi, pancasila, serta sosiologi. Buku-buku yang dikategorikan dalam ilmu-ilmu bahasa antara lain kamus dan buku panduan belajar bahasa asing, seperti Tionghoa, Belanda, Jerman , Inggris, Jepang, Arab, dan Korea. Terdapat pula buku panduan belajar bahasa Jawa.
            Untuk klasifikasi bidang ilmu-ilmu pasi yaitu tenang Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Kalkulus, Asronomi, dan Taksonomi. Dalam pengetahuan praktis terdapat jenis buku tentang komputer, internet, dan sebagainya. Kelompok kesenian serta olahraga jenis bukunya antara lain tentang seni musik, seni rupa, seni lukis dan seni lainnya, juga buku bidang olahraga basket, renang, bola voli, sepak bola, balap sepeda, lari, atletik sera olahraga lainnya. Jenis-jenis buku bidang kesusastraan seperti pidato, novel, cerpen, surat, puisi serta karya-karya sasra lainnya. Dan kelompok biografi adalah biografi Pahlawan Indonesia serta buku-buku tentang penyusun lapisan bumi yaitu dalam bidang ilmu geografi.
            Dalam kelompok kesusastraan, buku-buku puisi dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama (pantun) dan puisi baru (modern). Puisi lama aau pantun adalah puisi yang masih terikat unsurnya. Sedangkan puisi baru adalah puisi yang unsur-unsurnya bebas atau tidak terikat. Kumpulan puisi baru ini dibuat oleh penyair-penyair terkenal dan dari beberapa kumpulan puisi hasil karya siswa lomba menulis puisi. 



Nisa Indah Ambarani
MIA 2.1 / 23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar