Here we are!

Here we are!

Kamis, 24 Oktober 2013

Perpustakaan (Anangnosi K / MIA 2.1 - 3)

Perpustakaan
            Perpustakaan adalah tempat yang disediakan untuk pemeliharaan buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya untuk dibaca.
            Unsur utama yang ada dalam perpustakaan yaitu buku beserta rak bukunya, tempat membaca, pembaca, penerangan, dan ventilasi udara yang cukup, dan penjaga perpustakaan. Selain unsur utama, terdapat unsur unsur lain yaitu jam dinding, kipas angin, komputer, dan akses internet.
            Buku dalam perpustakaan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut Decimal Dwi Classification (DDC). Untuk mempermudah membedakan jenis buku, tiap jenis buku diberi kode berbeda. Contoh pemberian kode yaitu 000 untuk buku karya umum, 100 untuk buku filsafat, 200 untuk buku agama, 300 untuk buku ilmu ilmu sosial, 400 untuk buku ilmu ilmu bahasa, 500 untuk buku ilmu ilmu pasti, 600 untuk buku pengetahuan praktis, 700 untuk buku kesenian dan olahraga, 800 untuk buku kesustraan, dan 900 untuk buku biografi dan geografi.
            Dalam setiap jenis buku, terdapat pula beberapa jenis buku yang memiliki pokok bahasan berbeda seperti karya umumu memuat tentang ensiklopedia, dan buku pintar. Filsafat memuat ilmu logika, metafisika, estetika, dan psikologi. Agama memuat tentang tafsir, dan terjemahan Al-Quran. Ilmu ilmu sosial memuat buku sosiologi, ekonomi, dan antropologi.
            Selain itu, ilmu ilmu bahasa juga memuat kamus bahasa asing dan Indonesia, dan sastra bahasa asing. Ilmu ilmu pasti memuat tentang buku kimia, matematika, sains, dan kumpulan soal soal. Pengetahuan praktis memuat tentang surat surat penting, TIK dan akutansi. Kesenian dan olahraga memuat tentang seni rupa, seni musik, seni tari, dan tehnik tehnik berolahraga. Kesustraan memuat tentang novel, cerpen, cergam, dan karya sastra. Untuk biografi dan geografi memuat tentang buku sejarah, biografi tokoh terkenal, atlas, dan buku geografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar