Here we are!

Here we are!

Minggu, 27 Oktober 2013

Perpustakaan(Farah Risyqi Amaliyah/MIA2.1-13)

                                                   PERPUSTAKAAN

            Perpustakaan adalah tempat yang disediakan untuk penyimpanan, pemeliharaan buku-buku atau majalah dll. Selain untuk disimpan buku buku tersebut juga untuk dipinjamkan.
            Perpustakaan yang ideal memiliki beberapa hal pokok seperti buku, rak buku, penerangan(lampu), meja, kursi, pembaca, dan pustakawan atau yang biasa disebut petugas perpustakaan. Hal yang paling pokok di sebuah perpustakaan adalah buku. Tanpa buku sebuah perpustakaan belum pantas disebut sebagai perpustakaan. Bila ada buku pasti ada tempat untuk menaruh buku buku yang ada tidak mungkin semua buku digeletakkan begitu saja dan dibiarkan berserakkan di semua sudut tempat, maka dari itu disediakan rak buku. Selain itu ada penerangan(lampu) dan pembaca, bagaimana bias pembaca bias nyaman membaca bila tak ada penerangan . Meja dan kursi tidak kalah penting untuk suatu perpustakaan karena meja dan kursi bias mempernyaman pembaca saat pembaca sedang mencari tugas atau sedang ingin berlama-lama di perpustakaan. Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah pustakawan atau yang sering disebut sebagai petugas perpustakaan yang selau siaga untuk membantu para pembaca atau mendata hal-hal yang menyangkut tentang prosedur peminjaman apabila ada pembaca yang ingin meminjam buku.
            Bila pembaca ingin mencari buku di perpustakaan disediakan ‘Dewey Decimal Clasification’ atau DDC. DDC mempermudah para pembaca dengan mengklasifikasikan buku sesuai jenisnya. Karya Umum terletak pada rak nomor 000, filsafat pada nomor 100, Agama pada kode 200, Ilmu sosial dikode 300, Ilmu bahasa dikode 400, Ilmu-ilmu pasti pada rak dengan kode 500, pengetahuan pasti pada rak dengan kode 600, kesenian dan olahraga pada kode 700, kesusasteraan pada kode 800  dan yang terakhir biografi, geografi terletak pada rak dengan kode 900.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar