Here we are!

Here we are!

Senin, 07 Oktober 2013

Perpustakaan (Siti Siwi Wulandari/MIA 2.1 - 27)

Perpustakaan

                                Perpustakaan merupakan tempat atau ruangan atau gedung yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan.
                                Perpustakaan memiliki berbagai macam unsur, yang terbagi menjadi lima macam, yaitu buku, petugas perpustakaan atau pustakawan, pembaca, meja dan kursi, serta rak buku dan lemari.
                                Berdasarkan unsur-unsur  perpustakaan yang telah disebutkan diatas, buku dapat digolongkan menurut dasar DDC (Dewey Decimal Classification), diantaranya 000 untuk jenis buku-buku kaya umum, 100 untuk jenis buku yang membahas filsafat, 200 untuk ilmu-ilmu agama, 300 untuk ilmu-ilmu sosial, 400 untuk ilmu-ilmu bahasa, 500 untuk ilmu-ilmu pasti, 600 untuk ilmu-ilmu pengetahuan, 700 untuk ilmu-ilmu kesenian dan olahraga, 800 untuk ilmu kesusastraan, dan 900 untuk biografi dan geografi.
                                Buku-buku yan termasuk dalam karya umum dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu ensiklopedia, kamus, dan pemograman komputer. Ensiklopedia dapat berupa ensiklpedia mengenai astronomi, kemajuan IPTEK, fisiologi makhluk hidup,dll. Sedangkan untuk kamus yang ada di perpustakaan dapat berupa kamus besar bahasa Indonesia, kamus bahasa inggris, dll. Pemograman komputer yang dapat ditemukan, dapat berupa buku yang membahas mengenai pemrograman Microsoft Word, Microsoft Exel, Adorb Acrobat, dll.
Kemudian, ilmu-ilmu filsafat  yang ada di perpustakaan dapat berupa buku-buku psikologi dan etika. Psikologi itu sendiri dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu psikologi olahraga dan psikologi tes. Selanjutnya, buku-buku yang membahas mengenai ilmu-ilmu keagamaan dapat dibagi menjadi  dua macam, yaitu hukum – hukum Islam dan pendidikan / pelajaran agama. Lalu, buku mengenai ilmu-ilmu sosial yang dapat ditemukan di perpustakaan dapat digolongkan menjadi lima macam, yaitu ilmu sejarah, ilmu sosiologi, ilmu ekonomi, ilmu antropologi, dan management.
Sedangkan buku-buku yang termasuk dalam ilmu bahasa dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu ilmu bahasa dan sastra Indonesia, ilmu bahasa Jepang, ilmu bahasa Korea, dan ilmu bahasa Inggris. Di lain pihak, buku-buku mengenai kesusastraan dapat berupa karya-karya fiksi, seperti cerpen, novel, puisi, pantun, dll. Kemudian, buku-buku yang berhubungan dengan ilmu-ilmu pasti dapat digolongkan menjadi enam jenis, yaitu ilmu-ilmu Fisika, ilmu-ilmu Kimia, ilmu-ilmu Biologi, ilmu-ilmu Matematika, ilmu-ilmu Sains, dan buku yang berisi mengenai kumpulan-kumpulan soal.
Selanjutnya,  pengetahuan mengenia kesenian dan olahraga yang ada di perpustakaan dapat ditemui dengan mudah. Buku-buku mengenai kesenian dapat diklasifikasi menjadi dua macam, yaitu buku yang membahas mengenai  seni rupa /seni lukis dan buku mengenai seni suara / musik. Sedangkan, buku yang membahas mengenai olahraga dapat berupa buku-buku atletik. Kemudian, buku yang membahas mengenai pengetahuan praktis dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu ilmu-ilmu terapan,  akuntansi, dan surat. Sedangkan, ilmu-ilmu terapan itu sendiri nantinya akan membahas mengenai teknologi yang berhubungan dengan rekayasa dan budidaya.
Dan yang terakhir adalah buku yang membahas mengenai biografi dan geografi. Buku- buku tersebut dapat ditemukan dalam tiga jenis, yaitu buku yang membahas ilmu-ilmu sejarah, ilmu-ilmu geografi, dan buku mengenai biografi tokoh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar