Here we are!

Here we are!

Jumat, 04 Oktober 2013

Perpustakaan (Yudith Martha Tania A. / MIA 2.1 - 30)

Perpustakaan

      Perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca dan dipelajari.

Perpustakaan memiliki unsur-unsur yang wajib tersedia yaitu buku, pustakawan, meja, dan kursi. Buku adalah salah satu unsur yang harus dipenuhi di dalam perpustakaan. Buku-buku diletakkan pada rak yang sudah ditentukan agar pembaca tidak binggung bila mencari buku yang mereka butuhkan. Selain itu pembaca juga membutuhkan pelayanan petugas perpustakaan yang disebut pustakawan. Dengan adanya pustakawan, pembaca dengan mudah meminjam dan mengembalikan buku. Dalam perpustakaan juga dibutuhkan meja dan kursi untuk pembaca membaca buku. Dengan unsur yang lengkap akan nyaman, karena jika perpustakaan belum memiliki unsure-unsur tersebut, perpustakaan belum disebut perpustakaan yang ideal. 

Suasana dalam perpustakaan
Perpustakaan menggunakan Klasifikasi Dewey Decimal (DDC). Didalam pengklasifikasian, kita perlu jenis-jenis buku dengan benar. Pada papan DDC terdapat kode 000 yaitu karya umum, 100 yaitu filsafat, agama pada kode 200. Ilmu-ilmu social pada kode 300. Ilmu-ilmu bahasa pada kode 400 sedangkan  Ilmu-ilmu pasti pada kode 500.

         Buku berdasarkan klasifikasinya, dibagi menjadi beberapa kelompok. Pada DDC 000-099 terdapat buku-buku karya umum yaitu pengetahuan Hak Asasi Manusia, pengetahuan Komputer, cerita, kebudayaan, dan penelitian. Pada kode 099-199 terdapat buku buku filsafat yaitu psikologi, buku solusi, novel, latihan soal, pengetahuan kesehatan, dan pengetahuan internet. Sedangkan buku-buku agama terdapat pada kode 200-299 yaitu tentang hukum-hukum agama dan pendidikan agama. Buku-buku ilmu-ilmu sosial terdapat pada kode 300-399 yaitu tentang sejarah, antropologi, manajemen, dan sosiologi. Pada buku-buku ilmu bahasa  yaitu tentang bahasa Indonesia, bahasa jerman, bahasa jepang, bahasa inggris terdapat pada kode 400-499. Sedangkan pada kode 500-599 terdapat buku-buku ilmu pasti yaitu tentang kimia, matematika, biologi, sains, fisika dan kumpulan-kumpulan soal.


Yudith Martha Tania Agustine
MIA-2.1 / 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar