Here we are!

Here we are!

Sabtu, 05 Oktober 2013

Perpustakaan (Arif Windiargo / MIA 2.1 - 05)



Perpustakaan


Perpustakaan adalah tempat, gedung, atau ruang yang disediakan untuk
pemeliharaaan dan penggunaan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan.
          Perpustakaan memiliki beberapa unsur penting untuk menjalankan fungsinya. Unsur tersebut antara lain adalah buku, meja pembaca, kursi, rak buku dan penjaga perpustakaan. Hal lain yang tak kalah penting adalah penerangan yang baik di dalam perpustakaan demi menunjang kegiatan membaca.
          Di dalam perpustakaan, buku harus disusun secara teratur dan sistematis demi menunjang proses membacademi memudahkan pembaca menemukan buku yang dicari. Oleh karena itu, buku diklasifikasikan menggunakan “Dewey Decimal Classification (DDC)” yang penomoran antara 000-900.
          Pada sistem DDC untuk kode 000 menunjukan karya-karya umum, lalu kode 100 untuk buku-buku filsafat, kode 200 unyuk buku agama, kode 300 untuk ilmu-ilmu sosial, kode 400 untuk ilmu-ilmu bahasa, dan kode 500 untuk ilmu-ilmu pasti. Untuk kode 600 kita dapat menemukan buku tentang pengetahuan praktis. Sedangkan untuk buku dengan kode 700 adalah buku tentang kesenian dan olahraga, buku dengan kode 800 untuk buku-buku kesusastraan, dan kode 900 untuk buku-buku biografi dan geografi
          Dalam karya umum kita dapat menemukan berbagai karya tulis, cerita fiksi, novel dan cerpen. Sementara buku mengenai filsafat hukum, filsafat kehidupan, dan psikologi terdapat pada rak bernomor 100. Jika kita ingin menemukan buku-buku agama islam, kristen, katholik, hindu maupun budha, serta berbagai buku tentang pendidikan, kidapat mencarinya di rak bernomor 200. Sementara untuk rak bernomor 300 kita dapat menemukan buku-buku ekonomi, manajemen kantor, ilmu akuntansi, sosiologi dan buku-buku yang berisi tentang ilmu sosial lainnya. Untuk buku-buku bahasa Jepang, Jerman, Inggris, Korea, dan tentunya Indonesia, kita dapat menemukannya di rak benomor 400.
          Buku-buku yang berisi tentang ilmu pasti, contohnya buku kimia, matematika, fisika dan berbagai ensiklopedia, dapat kita temui di rak bernomor 500. Untuk buku tentang berbagai pengetahuan praktis seperti resep masakan, cara reparasi barang, cara membuat surat-surat penting, dan teknik umum, dapat kita temukan di rak beronomor 600. Sementara untuk rak berkode 700 kita dapat menemukan buku-buku seni rupa, seni musik, dan seni lukis dan juga buku olahraga, basket, sepak bola, volly dan berbagai buku lain yang berhubungan dengan kesenian dan olahraga. Kita dapat menemukan novel, syair-syair Chairil Anwar dan karya kesusatraan yang lain di rak bernomor 800. Dan yang terakhir rak bernomor 900 yang berisi buku-buku biografi tokoh dan buku-buku geografi. Di rak ini kita dapat menemukan biografi tokoh nasional, seperti Ir. Soekarno dan Soeharto, ataupun pahlawan-pahlawan nasional seperti, Patimura, Diponegoro dan R.A. kartini. Kita juga bisa menemukan biografi tokoh dunia seperti Bill Gates, Steve Jobs dan Mike Tyson.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar