Here we are!

Here we are!

Rabu, 16 Oktober 2013

Perpustakaan (Alfi Nurrachma Gustya / MIA 2.1 - 02)



PERPUSTAKAAN


Perpustakaan adalah tempat yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku, majalah, dan bahan perpustakaan lainnya untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan.
Perpustaakan pada umumnya memiliki unsur-unsur umum, di antaranya buku yang merupakan unsur  terpenting, rak buku untuk meletakkan buku-buku, meja dan kursi untuk tempat membaca, petugas perpustaakan, dan pembaca.
Buku di perpustakaan dapat diklasifikasikan menurut DDC (Dewey Decimal Clasification) sebagai berikut: kode 000 untuk karya umum, kode 100 untuk buku filsafat, kode 200 untuk buku buku agama, kode 300 untuk buku ilmu-ilmu sosial, kode 400 untuk buku ilmu-ilmu bahasa, kode 500 untuk buku ilmu-ilmu pasti, kode 600 untuk buku pengetahuan praktis, kode 700 untuk buku kesenian dan olahraga, kode 800 untuk buku kesusasteraan, dan kode 900 untuk buku biografi,geografi.
Untuk buku karya umum dapat dikelompokkan menjadi buku ensiklopedia, kamus, dan pemrograman komputer. Buku filsafat dibagi menjadi buku psikologi, psikotes, dan etika. Buku agama dapat dibagi juga menjadi buku hukum-hukum agama, buku pendidikan agama, dan buku ilmu agama. Untuk buku ilmu-ilmu sosial diantaranya buku sejarah, antropologi, menejemen dan sosiologi. Sedangkan buku ilmu bahasa Jepang, ilmu bahasa Inggris, ilmu bahasa Jerman, dan ilmu bahasa Korea termasuk dalam buku ilmu-ilmu bahasa.
Untuk buku ilmu-ilmu pasti dapat dibagi menjadi buku fisika, kimia, biologi, sains, matematika, dan buku kumpulan soal. Sedangkan untuk buku pengetahuan praktis dapat dikelompokkan menjadi buku teknologi informasi dan komunikasi, buku budidaya, dan surat lamaran pekerjaan. Untuk buku kesenian dan olahraga dapat dikelompokkan menjadi buku kesehatan, atletik, seni rupa, dan seni musik. Untuk buku karya sastra termasuk ke dalam buku sesusasteraan. Buku arya sastra sendiri dapat dikelompokkan menjadi buku kumpulan cerpen, novel, dan kumpulan puisi. Sedangkan yang terakhir buku biografi,geografi dapat dibagi menjadi buku biografi tokoh, ilmu-ilmu sejarah, dan buku geografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar