Here we are!

Here we are!

Jumat, 06 Desember 2013

EKSPOSISI ( Anangnosi K / MIA 2.1 / No 3 )

Pembelajaran Bahasa Indonesia
            Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 ini berbeda dengan metode pembelajaran pada kurikulum sebelumnya. Perubahan kurikulum ini bertujuan untuk membenahi karakter siswa Indonesia masa kini agar menjadi siswa yang siap berkompetisi dan berguna bagi bangsa. Kurikulum ini  akan menjadikan siswa menjadi lebih kreatif, pandai berbahasa Indonesia, berakhlak baik, dan mencintai pelajaran Bahasa Indonesia sebagai ungkapan rasa syukur mencintai bangsa Indonesia.
            Materi yang disampaikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 tidak hanya materi tentang Bahasa Indonesia, tetapi juga akan disisipi materi dari IPA atau IPS melalui teks teks yang dipelajari oleh siswa, sehingga wawasan siswa lebih luas. Guru juga harus mempelajari teks tersebut terlebih dahulu sehingga guru dapat membimbing siswa dengan baik.
            Proses pembalajaran pada kurikulum 2013 ini dilakukan dengan Problem Based Learning dan pendekatan secara ilmiah. Maksudnya, siswa  harus dapat memecahkan permasalahan berdasarkan teks yang ada atau pada kegiatan sehari hari. Siswa harus mengamati, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan masalah tersebut sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan siswa dapat mengerti dengan baik materi tersebut. Siswa akan menjadi lebih kreatif dengan pembelajaran tersebut. Selain menggunakan metode tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia dianjurkan untuk melakukan pembelajaran yang berbasis IT, yaitu dengan menggunakan tekhnologi informasi modern yang ada saat ini seperti internet agar siswa dapat menggunakan teknologi informasi modern yang ada dan tidak tertinggal oleh kemajuan jaman.
            Penilaian yang dilakukan oleh guru tidak hanya dari nilai tertulis atau lisan saja. Guru menilai siswa di berbagai aspek seperti afektif, kognitif, dan psikomotorik. Guru dituntut dapat mengerti setiap siswa yang diajarnya, sehingga guru dapat memantau perkembangan siswa dengan baik, dan guru dapat memberikan masukan masukan kepada siswa sehingga siswa dapat melaju dijalur yang benar. Penilaian tidak hanya dari pihak guru, penilaian juga akan dilakukan antar siswa. Jadi siswa akan menilai siswa lain agar dari hasil penilaian guru dan penilaian siswa dapat dipadukan dan menjadi nilai yang sesuai.
            Dari materi materi yang dipelajari oleh siswa, siswa bisa menerapkan hasil pembelajaran tersebut dikehidupan sehari hari. Bakat dan minat siswa diharapkan dapat terasah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di kurikulum 2013 ini .Minat siswa akan Bahasa Indonesia dapat lebih meningkat yang kedepannya menjadikan siswa yang berjiwa nasionalisme tinggi, dan siswa yang berbakat didalam bahasa akan lebih berkembang dan tertata. Tidak hanya bakat dalam berbahasa, bakat lain diluar bahasa dapat berkembang didalam kurikulum 2013 ini yang kedepannya akan bermanfaat bagi siswa tersebut.
            Jadi, dengan melihat banyaknya manfaat dari kurikulum 2013 ini, pembelajaran Bahasa Indonesia ini dapat menjadikan siswa menjadi lebih kreatif, berakhlak mulia, berkompeten, mempunyai wawasan yang luas, dan menjadi warga negara Indonesia yang mencintai bangsa Indonesia dengan sepenuhnya. Kurikulum ini tentunya juga belum sepenuhnya sempurna, masih banyak perbaikan yang harus dilakukan agar dalam kurikulum 2013 ini menjadi kurikulum yang sangat bermanfaat. Terus kembangkan kurikulum 2013. Cintailah Bahasa Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar