Here we are!

Here we are!

Jumat, 13 Desember 2013

TEKS EKSPOSISI (Nalda Vellen Ardiana/22)

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAAM KURIKULUM 2013


Pendidikan Indonesia sekarang mengubah sistem pembelajarannya yaitu dengan mencanangkan pembelajran berdasarkan kurikulum 2013 . Dengan sistem ini pemerintah pendidikan atau kemendikbud berharap pendidikan di Indonesia semakin maju , tambah berkembang , dan tidak monoton . Sistem ini tidak lain adalah sistem seperti di uneversitas – universitas sekarang atau dikenal dengan sistem SKS . Semeu mata pelajaran sudah mengubah sistem pembelajarannya dengan sistem SKS . Termasuk mata pelajaran Bahasa Indonesia . Maka dari itu pelajaran Bahasa Indonesia mengalami sedikit perbedaaan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia sebelumya . Mulai dari materi , cara penilaian , kegiatan _ kegiatan siswa di dalam kelas pada saat KBM , dll .
Seperti yang terjadi saat ini materi Bahasa Indonesia kurikulum 2013 berbeda dengan pembelajaran – pembelajaran tahun sebelumnya yaitu materi – materi yang seharusnya dipelajari si kelas XI atau kelas XII sudah masuk di dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas X . Perubahan ini menurut pandangan siswa adalah sulit untuk memahami dan beradaptasi dengan materi tersebut . Bahkan ada beberapa ada beberapa dari mereka yang nilai Bahasa Indonesianya mengalami sedikit penurunan .
Perubahan yang lain adalah cara penilaian Bahasa Indonesia yang meliputi 3 aspek penilaian yaitu : penilaian afektif , penilaian kognitif , dan penilaian psikomotorik . Penilaian kali ini siswa tidak hanya dituntut untuk bagus nilainya melainkan berpengetahuan luas , terampil , kreatif , serta aktif , dan berakhlak yang baik . Dengan penilaian yang seperti ini pmerintah beranggapan siswa – siswi Indonesia nantinya akan memajukan pendidikan di Indonesia dan menjadikan Indonesia negara yang maju .
Selain perbedaan materi dan cara penilaian , kegiatan siswa di dalam kelas pun juga berbeda . Siswa yang dulu hanya duduk mendengarkan guru menjelaskan saja sekarang merekalah yang berperan aktif dalam KBM . Para siswa saat ini diwajibkan untuk berpikir kritis , aktif , kreatif , dan banyak berargumentasi di dalam kelas . Kewajiban ini diharapkan agar mereka terbiasa dan terlatih dengan hal – hal tersebut .   
            Dengan dirubahnya sistem pembeajaran di Indonesia , pemerintah sangat berharap banyak dan hasil yaang memuaskan untuk kemajuan pendidikan di negara ini . Dan dikarenakan sistem ini masih pertama kali dilaksanakan di tahun ini , baik dari pihak guru maupun siswa harus harus beradaptasi dengan pembelajaran yang banyak mengalami perubahan ini . Bahkan buku – buku paket pun baru beberapa yang diterbitkan oleh pemerintah dan  itu pun ada beberapa yang mengalami kesalahan dalam pencetakan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar