Here we are!

Here we are!

Rabu, 18 Desember 2013

Teks Eksposisi (Ircham Darmawan /MIA 2.1/18



Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013


Saat ini, kurikulum di Indonesia sedang dalam tahap perkembangan. Hal ini menyebabkan kurikulum di Indonesia mengalami perubahan beberapa kali. Perubahan  tersebut disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang cenderung berubah. Dan pada tahun ajaran 2013-2014, Indonesia akan menerapkan kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013. 

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa dituntut untuk aktif dan kreatif. tak seperti kurikulum sebelumnya, materi di kurikulum ini cenderung ke arah pemecahan masalah. Jadi siswa dituntut untuk aktif mencari informasi agar tidak ketinggalan materi pembelajaran.

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum ini menerapkan metode problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah. Problem based learning merupakan metode pembelajaran yang didasarkan pada prinsip bahwa masalah dapat digunakan sebagai titik awal untuk mendapatkan ilmu baru. Jadi, masalah yang ada digunakan sebagai sarana agar siswa dapat belajar sesuatu yang dapat menyokong keilmuannya.

Penilaian dalam kurikulum ini mecakup tiga aspek. Yang pertama adalah penilaian kognitif. Penilaian kognitif adalah penilaian berdasarkan kegiatan otak. Penilaian ini memiliki enam aspek, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Yang kedua adalah penilaian afektif. Penilaian afektif berkaitan dengan sikap yang dimiliki siswa. Ciri ciri hasil belajar afektif akan tampak pada siswa dalam berbagai tingkah laku. Yang terakhir adalah penilaian psikomotorik. Penilaian psikomotorik berkaitan dengan ketrampilan atau kemampuan bertindak setelah siswa menerima pengalaman belajar tertentu.

Kurikulum 2013 diharapkan dapat memperbaiki pendidikan di Indonesia. Selain itu, kurikulum 2013 juga diharapkan dapat menciptakan siswa yang tidak hanya pintar atau cerdas, tetapi juga siswa yang bermoral dan memiliki budi pekerti yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar