Here we are!

Here we are!

Jumat, 13 Desember 2013

PERPUSTAKAAN - OLEH : FADILLAH ACHMAD RESANDI (12)

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan adalah tempat,gedung atau ruang yang digunakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan karya tulis lainnya yang dapat dibaca oleh anggota dan pengunjung perpustakaan.

Dalam perpustakaan terdapat beberapa fasilitas umum yaitu : ruang atau gedung, buku, tempat membaca, tempat buku, penerangan dan pembaca.Dari fasilitas umum perpustakaan tersebut, ada dua unsur utama yaitu gedung atau ruang dan buku. Gedung atau ruang perpustakaan adalah komponen yang membedakan perpustakaan dengan tempat penyimpanaan buku atau tempat membaca lainnya. Perpustakaan memiliki ruangan atau gedung khusus yang digunakan untuk penyimpanan dan pemeliharaan koleksi buku yang ada.          

       Dibeberapa perpustakaan, terkadang terdapat  fasilitas – fasilitas tambahan tertentu untuk menyamankan pengunjung, antara lain : wifi, kipas angin, AC, komputer dan alat elektronik lainnya.

Untuk mempermudah pembaca, pengelompokan buku di perpustakaan disusun berdasarkan aturan DCC (Decimal Dewey Classification) yang dimulai dari 000 untuk karya umum, 100 tentang filsafat, psikologi, 200 untuk ilmu agama, Ilmu sosial dan bahasa untuk nomer 300 dan 400, 500 untuk buku-buku ilmu pasti, 600 tentang pengetahuan praktis, kesenian dan olahraga untuk 700, 800 untuk kesusastraan, dan 900 untuk biografi.

Kode buku diatas juga masih dapat diklasifikasikan lagi, sebagai contoh karya umum, buku yang termasuk dalam karya umum adalah ensiklopedia, pemograman komputer, kamus, dsb. Psikologi dan filsafat, terdapat buku psikotes, psikologi dsb. Kode 200 terdapat buku pendidikan agama, hadis-hadis agama, hukum tentang agama, dsb. Ilmu social memuat buku tentang sejarah, akuntansi, manajemen, antropologi dsb. Ilmu bahasa memuat buku bahasa Jepang, Indonesia, Inggris, Jerman, peribahasa dsb. Ilmu pasti memuat buku fisika, kimia, matematika, biologi, dsb. Pengetahuan praktis  memuat buku ensiklopedia, buku pintar, ilmu komputer, dsb. kesenian dan olahraga memuat buku tentang atletik, seni musik, seni rupa, seni tari dsb. Kesusastraan memuat  puisi, pantun, cerpen, dsb. Biografi dan geografi memuat buku  bermacam-macam biografi tokoh, geografi, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar