Here we are!

Here we are!

Sabtu, 14 Desember 2013

TEKS EKSPOSISI (FADILLAH ACHMAD RESANDI_12)



BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013

Pada saat ini, perkembangan pendidikan di Indonesia sedang mengalami perbaikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berharap berlakunya kurikulum 2013 menjadi penyempurna kurikulum-kurikulum yang berlaku sebelumnya. Dalam kurikulum 2013 ini, salah satunya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, menuntut siswa lebih kreatif, pandai berbahasa Indonesia, berfikir kritis,dan berakhlak mulia untuk membuat para siswa menjadi calon warga negara yang baik.
            Dalam proses pembelajaran pelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 ini menuntut siswa untuk lebih proaktif, berani  berargumen, berdiskusi, banyak membaca ,serta berpikir kritis dan kreatif. Siswa juga dituntut untuk dapat mencari tahu ,bukan hanya diberi tahu oleh guru. Guru juga harus terbuka terhadap kritik dan saran dari siswa. Proses pembelajarannya juga melalui pendekatan scientific, yang mengacu pada lima kegiatan, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.
Materi yang diberikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 tidak hanya materi tentang Bahasa Indonesia, tetapi juga akan disisipi materi tentang IPA atau IPS melalui teks-teks yang dipelajari oleh siswa, sehingga wawasan siswa akan menjadi lebih luas. Guru juga harus mempelajari teks tersebut terlebih dahulu sehingga guru dapat membimbing siswa dengan baik.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, kita semua dibawa ke kehidupan nyata melalui berbagai bacaan yang mengarahkan kita pada realitas kehidupan. Pembahasan tema pembelajaran juga dipadukan dalam penerapan kehidupan di sekeliling kita. Jadi, selain mempelajari Bahasa Indonesia, kita pun dapat tetap mengetahui perkembangan berbagai aspek kehidupan yang bahkan mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Hal ini juga akan memancing kita untuk lebih gemar membaca dan mengembangkan pengetahuan umum.
Dari materi materi yang akan dipelajari oleh siswa, siswa bisa menerapkan hasil pembelajaran tersebut dikehidupan sehari hari. Bakat dan minat siswa diharapkan dapat terasah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di kurikulum 2013 ini .Minat siswa akan Bahasa Indonesia dapat lebih meningkat yang kedepannya menjadikan siswa yang berjiwa nasionalis, dan siswa yang berbakat didalam bahasa akan lebih berkembang dan tertata. Tidak hanya bakat dalam berbahasa, bakat lain diluar bahasa dapat berkembang di dalam kurikulum 2013 ini yang kedepannya akan bermanfaat bagi siswa tersebut.
Dari paparan di atas dapat di simpulkan bahwa kurikulum 2013 lebih luas, karena peserta didik tidak hanya mengerti materi bahasa Indonesia saja. Namun, peserta didik juga diharapkan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti cara berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, cara menulis dengan ejaan yang benar, berfikir kritis, kreatif dan memiliki jiwa yang nasionalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar