Here we are!

Here we are!

Minggu, 01 Desember 2013

Perpustakaan (Hanief Cahya R /MIA 2.1/17)

Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat, gedung, atau ruang untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan karya sastra lainnya untuk dibaca dan dipelajari.
Perpustakaan memiliki beberapa unsur utama, yaitu: buku, rak buku, tempat membaca, penerangan, dan pustakawan. Selain unsur utama, terdapat beberapa unsur pendukung lain seperti: jam, komputer, kipas angin atau AC dan akses internet.
Ruang atau gedung adalah komponen yang membedakan perpustakaan dengan tempat penyimpanan atau tempat membaca lainnya. Ruang atau gedung perpustakaan digunakan untuk merawat dan membaca buku.
Buku didalam perpustakaan dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis menurut “Dewey Decimal Classification (DDC)”. Untuk mempermudah pengelmpokan buku yang ada, menurut DDC setiap jenis buku diberi kode atau nomor yang berbeda. Contoh pemberian kode pada jenis buku yang ada di perpustakaan menurut DDC adalah sebagai berikut: 000 untuk buku tentang karya-karya umum, 100 untuk buku tentang filsafat dan psikologi, 200 untuk buku tentang agama, 300 untuk buku tentang ilmu-ilmu sosial, 400 untuk buku tentang ilmu-ilmu bahasa, 500 untuk buku tentang ilmu-ilmu pasti, 600 untuk buku tentang pengetahuan paktis, 700 untuk buku tentang kesenian dan olahraga, 800 untuk buku tentang kesusastraan, dan 900 untuk buku tentang biografi, geografi dan sejarah.

Dalam setiap jenis buku memiliki isi yang berbeda seperti misalnya, dalam karya umum dapat ditemukan karya-karya tulis, cerita fiksi, novel dan ensiklopedi. Lalu dalam rak berkode 100 berisi buku tantang filsafat hukum, logika, estetika, falsafah dan motivasi serta psikologi. Sedangkan buku tentang agma, tafsir Al Qur’an, tafsir, hadist, rohani kristen dan khatolik dapat ditemukan di rak berkode 200. Dalam rak berkode 300 berisi tentang buku-buku sosiologi, ekonomi, akuntansi dan antropologi. Lalu dalam rak berkode 400 dapat ditemukan buku-buku bahasa mulai bahasa Jepang, Jerman, Inggris, Korea dan Indonesia, sementara buku kimia, matematika, sains dan astronmi dapat ditemukan dalam rak berkode 500. Buku-buku berisi ilmu praktis seperti buku TIK, resep masakan budidaya dan surat menyurat berada di rak nomor 600. Untuk rak berkode 700 dapat ditemukan buku-buku seni musik, seni tari, seni rupa, basket, atletik dan kesehatan jasmani, lalu dalam rak berkode 800 dapat ditemukan puisi-puisi, syair-syair dan karya kasusastraan lainnya. Dan buku-buku tenteng biografi seperti biografi pahlawan nasional dan biografi tokoh-tokoh dunia, geografi seperti atlas dan buku geologi, serta buku sejarah dapat ditemukan dalam rak berkode 900.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar