Here we are!

Here we are!

Minggu, 15 Desember 2013

Eksposisi/ Devi Intan S/ 10

Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013
Saat ini dunia pendidikan di Indonesia tengah mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut berupa perubahan kurikulum, dari kurikulum lama menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diharapkan mampu memperbaiki penerus generasi bangsa dengan menciptakan pelajar yang mandiri, berwawasan luas dan mempunyai nilai religius yang tinggi.
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia pun telah diberlakukan sistem kurikulum 2013. Bacaan-bacaan dalam pelajaran Bahsa Indonesiapun bervariasi dan juga bisa sedikit banyak menambah wawasan. Materi Bahasa Indinesia juga berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Hal tersebut membuktikan bahwa pelajaran Bahasa Indonesia sudah mengikuti kurikulum 2013.
Pada kurikulum ini, siswa dituntut proaktif. Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak harus guru yang bertanya atau menjawab, siswa juga diharuskan aktif menjawab ataupun menjawab. Selain itu siswa harus bisa berargumen dan harus bisa mengungkapkan argumennya pada orang lain.
Saat ini teknologi juga sudah sangat modern, jaman sekarang siswa bisa menanyakan sesuatu dengan tidak harus bertatap muka. Ada banyak sosial media yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara murid dan guru. Metode pembelajaran saat ini menggunakan cara pendekatan saintifik yang meliputi 5 aspek, yaitu : mengamati, menanya, manalar, mencoba dan mengomunikasikan.
Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk berpikir kreatif dan krisis. Siswa harus proaktif dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa juga dididik untuk banyak berdiskusi. Ini menggunakan metode problem based learning. Yang diharapkan hasil pembelajaran akan lebih efektif.
Kurikulum 2013 sudah baik, dengan tujuan membentuk siswa yang kreatif dan berpikir krisis. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, kurikulum 2013 sudah diterapkan. Pembelajaran Bahasa Indonesia juga dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Karena hal tersebut, kurikulum 2013 harus tetap berkembang dan terus membenahi kesalahan kesalahan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar