Here we are!

Here we are!

Rabu, 18 Desember 2013

Perpustakaan (Ircham Darmawan/MIA 2.1/18)

Perpustakaan
Perpustakaan berasal dari kata pustaka yang berarti buku. Jadi, perpustakaan adalah tempat, gedung, atau ruangan yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku.

Di dalam perpustakaan terdapat buku, rak, meja, kursi, lampu dan tentunya pengunjung. Selain itu di perpustakaan juga ada pustakawan atau ahli perpustakaan.

Klasifikasi buku yang digunakan adalah sistem klasifikasi DDC(Decimal Dawey CLassification). Dalam sistem klasifikasi ini, penomorannya dimulai dari 000 tentang karya umum, 100 tentang filsafat, 200 tentang agama, 300 tentang ilmu ilmu sosial, 400 tentang ilmu bahasa, 500 tentang ilmu pasti, 600 tentang pengetahuan praktis, 700 tentang kesenian dan olahraga, 800 tentang kesusastraan, dan 900 tentang biografi serta geografi.

Setiap kode diatas memiliki pokok bahasan yang berbeda. Pada karya umum terdapat kumpulan karya tulis. Pada kode filsafat terdapat buku-buku mengenai psikologi, psikotes, dan etika. Pada agama terdapat buku-buku tentang hadis-hadis agama dan hukum agama. Pada ilmu sosial memuat buku tentang sejarah, akuntansi, manajemen dan antropologi. Buku bahasa Indonesia, Jepang, Jerman, dan peribahasa terdapat pada kelompok ilmu bahasa. Ilmu pasti berisi buku fisika, matematika, kimia, dan biologi. Pengetahuan praktis memuat tentang ensiklopedia, ilmu komputer dll. Pada kelompok kesenian dan olahraga berisi buku-buku atletik, seni rupa dan seni musik. Pada kesusastraan memuat tentang puisi, cerpen dll. dan yang terakhir, kelompok biografi dan geografi, memuat tentang buku biografi dari berbagai tokoh, dan buku geografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar