Here we are!

Here we are!

Rabu, 18 Desember 2013

EKSPOSISI Tegar Kukuh P. MIA 2.1 / 28

KURIKULUM BARU 2013 BAGI SISWA INDONESIA

Dinas Pendidikan membuat kurikulum 2013 ini untuk menggantikan kurikulum sebelumnya,yaitu kurikulum 2006. Kurikulum ini juga dibuat karena program RSBI yang telah ditiadakan semenjak tahun ajaran baru 2013/2014. Dan tentu kurikulum baru ini banyak sekali perubahan.

Perubahan dari kurikulum 2013 ini diantaranya siswa dituntut proaktif. Maksudnya, siswa harus aktif dalam setiap pembelajaran. Misal di sesi pertanyaan, siswa harus aktif dalam menjawab pertanyaan.

Di kurikulum ini juga siswa harus banyak membaca. Karena, pedoman pembelajaran bukan hanya dari guru, tetapi juga dari buku. Dan banyak membaca dapat menambah ilmu pengetahuan lebih banyak.

Di kurikulum baru ini, setiap materi yang disampaikan oleh guru dapat diterapkan ilmunya di kehidupan sehari – hari. Hal ini tentunya dapat membantu siswa agar lebih mudah bersosialisasi di lingkup masyarakat.

Penilaian terhadap siswa tidak hanya kognitif saja, tetapi afektif dan psikomotorik juga ikut dinilai. Jadi, sikap dan tata krama siswa juga ikut dibentuk di kurikulum baru ini.


Tentunya kurikulum 2013 ini diharapkan dapat memajukan siswa - siswi Indonesia. Dengan membentuk karakter, aktif, dan kreatifitas siswa. Tapi tidak dipungkiri bahwa setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Dan kelebihan – kelebihan tersebut dapat terwujud jika ada kerjasama dari berbagai pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar