Masalah
pendidikan merupakan salah satu permasalahan yang meliputi negeri
ini.Oleh karena itu,pemerintah berusaha melakukan berbagai kebijakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut.Mulai dari progam wajib
belajar,dana BOS,samapai perubahan kurikulum.Salah satu kurikulum
hasil kebijakan pemerintah adalah kurikulum 2013
Kurikulum 2013
merupakan kurikulum yang baru dalam dunia pendidikan tanah
air.Maka,dalam kurikulum ini terdapat beberapa perbedaan yang
mencolok dengan kurikulum pendahulunya.Perbedaan tersebut antara
lain:sistem pembelajaran,proses pembelajaran dan penilaian.Perbedaan
ini dapat kita temukan dengan mudah dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia.
Pada
sistem pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum
2013,pembelajaran dilakukan dengan membahas masalah atau sering
disebut Problem based learning.Masalah
yang dibahas biasanya berkaitan dengan lingkungan sekitar dan masalah
kehidupan (konstektual) dengan pendekatan saintifik.Pendekatan
saintifik meliputi mengamati,menaya,menalar,mencoba,dan
mengkomunikasikan.
Perbedaan
lain yang dapat ditemukan adalah proses pembelajaran.Dalam kurikulum
2013,pembelajaran berpusat pada siswa (Student
center).Artinya
siswa dituntut proaktif dalam memecahkan suatau masalah.Pemecahan
masalah dapat dilakukan dengan mencari tahu lewat membaca dan
bertanya,serta berdiskusi.Sehingga dapat dikatakan pembelajaran tidak
harus tatap muka.Dalam berdiskusi siswa bebas berargumen sesuai
dengan pendapat serta pemikiran mereka.Oleh karena itu,guru sebagai
pembimbing pada saat berdiskusi harus bersifat terbuka atau menerima
pendapat para siswa.Sehingga siswa dapat berpikir kritis dan kreatif
karena tidak terkekang oleh aturan guru.
Setelah
pembelajaran pasti ada penilaiian.Pada kurikulum 2013,Penilaian
dilakukan secara 2 pihak yaitu guru dan murid.Murid diberi kebebasan
untuk menilai dirinya sendiri dan teman-temannya.Dalam penilaian
aspek yang dinilai adalah aspek afektif,kognitif,dan
psikomotorik.Penilaian harus berdasarkan bukti dan fakta sebenarnya
(autentik).Sehingga tidak merugikan murid dan guru.
Perbedaan-perbedaan
pada kurikulum 2013 bertujuan mendidik siswa agar mampu mengahadapi
masalah terutama maslah kehidupan.Masalah kehidupan dapat dipecahkan
dengan berdiskusi/musyawarah dan berfikir kreatif.Dengan demikian
tujuan pemerintah mengubah kurikulum untuk menciptakan generasi yang
cerdas,kreatif dan berakhlak/berperilaku mulia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar