Here we are!

Here we are!

Minggu, 01 Desember 2013

Perpustakaan (Satriawan Bagas P / MIA 2.1 / 26)

PERPUSTAKAAN
Perpustakaan adalah tempat atau gedung yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku, majalah dan bahkan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk keperluan dibaca.
Pada umumnya unsur di perpustakaan terdapat meja, kursi, bebagai jenis buku, rak buku, penerangan, ventilasi udara dan petugas perpustakaan. Selain itu perpustakaan juga terdapat tempat khusus untuk membaca, komputer lengkap dengan jaringan internet dan toilet.
Untuk mempermudah pembaca, pengelompokan buku di perpustakaan disusun berdasarkan aturan DCC (Decimal Dewey Classification) yang dimulai dari 000 untuk karya umum, 100 tentang filsafat, psikologi, 200 untuk ilmu agama, Ilmu sosial dan bahasa untuk nomer 300 dan 400, 500 untuk buku-buku ilmu pasti, 600 tentang pengetahuan praktis, kesenian dan olahraga untuk 700, 800 untuk kesusastraan, dan 900 untuk biografi.
Setiap kode membahas pokok bahasan yang berbeda. Karya umum berisi  Encyclopedia dan kamus. Filsafat terdiri dari logika, estetika filsafah dan motivasi. Jenis agama terdapat tafsir, hadist, fiqih. Sosiologi, ekonomi dan antropologi termasuk ilmu sosial. Bahasa berisi aneka buku bahasa Jepang, Jerman, Inggris dan Indonesia. Sementara buku kimia, matematika, sains, astronomi termasuk ilmu pasti. Buku tentang TIK dan berbagai resep makanan termasuk ilmu praktis. Buku seni musik, seni tari, seni rupa, berbagai jenis olahraga dan kesehatan jasmani termasuk ke dalam kesenian dan olahraga. Untuk kesusastraan berisi novel-novel, puisi, pantun, dan cerpen. Biografi dan geografi berisi seperti  tokoh-tokoh dunia, pahlawan nasional, buku sejarah serta geologi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar